Senin, 03 Januari 2011

Fakta tentang bisnis perbankan

Bank adalah suatu lembaga intermediasi (penyaluran) uang dari yg surplus ke yg membutuhkan (kredit) berikut beberapa fakta ttg bisnis perbankan:

  1. Bank adalah suatu perusahaan yang bisa dibilang modal dengkul, bayangkan modal asli bank adalah sekitar 15% dari total asset, sisanya adalah uang nasabah. Jadi itulah salah satu alasan mengapa bank sangat menjaga kepercayaan nasabah.
  2. Bank di hampir semua negara sangat dipantau ketat. Hal tersebut dikarenakan jika bank bangkrut, maka akan berakibat "rush" atau penarikan besar-besaran dana dari nasabah. Hal tersebut dapat mengakibatkan krisis ekonomi seperti tahun 1998.
  3. Profit yang dipatok suatu bank sangatlah kecil, yaitu sekitar 5-6%. Berbeda dengan bisnis manufactur dan bisnis trading yang bisa mencapai 25%. Hal tersebut dikarenakan bank sangat menjaga kepercayaan nasabahnya. 
  4. Prinsip bank ialah, menyalurkan kredit yang efektif dan sehat. Bank sangat berhati-hati dalam penyaluran kredit. Karena salah satu pendapatan bank ialah dari kredit disamping operasional dan treasury.
  5. Banyak nasabah yang complain koq repot ambil kredit di bank? Jawabannya adalah Uang Bank sebagian besar berasal dari nasabahnya, Jika terjadi gagal bayar oleh nasabah, maka bank akan bangkrut. jadi bank sangat berhati-hati dalam penyaluran kredit.
_Anggi Baginda_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar